18.6.14

Resensi Hairi Yanti - Kompas Anak


Kasih Ibu Seperti Mentari

Judul buku : Ibu Sayang Kamu
Penulis : Irma Irawati
Cetakan : I, Desember 2013
Penerbit : Adibintang
Tebal : 118  hal
Saat ulang tahunnya yang ke 6, Mei Hwa menerima kado sebuah handphone. Bukan handphone canggih, malahan handphone itu tidak bisa internetan dan hanya bisa digunakan untuk sms dan telpon. Tapi, kado itu menjadi kado terindah sepanjang hidupnya. Kenapa handphone itu menjadi kado terindah?
Cerita kemudian bergerak mundur ke belakang. Tentang sebuah gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter memporakporandakan sebuah daerah di Cina dan menewaskan 10 ribu warganya. Banyak warga yang terjebak dalam reruntuhan bangunan dan juga banyak relawan yang membantu mengevakuasi warga yang terjebak. Salah satu relawan itu bernama Pak Su Hwan.
Setelah dua hari menyisir bangunan-bangunan yang roboh, Pak Su Hwan menemukan sebuah keajaiban. Dia menemukan jasad seorang ibu yang mendekap sesuatu dalam selimut. Yang ternyata di dalam selimut itu ada seorang bayi yang tengah menyusu ke jasad ibu itu. Ibu itu mencoba melindungi bayinya agar tetap bertahan hidup dan menuliskan sesuatu di ponselnya sebagai pesan untuk anaknya. 6 tahun kemudian ponsel itu diberikan kepada bayi yang sudah tumbuh menjadi seorang gadis kecil. Gadis kecil itu adalah Mei Hwa.
Itulah satu cerita dari sembilan cerita lainnya tentang kasih sayang ibu pada anak-anaknya. Kasih sayang ibu yang seperti mentari, hanya memberi dan tak harap kembali.
***

No comments: