18.4.14

Saling Menguatkan di Komunitas - Jawa Pos



Saat membaca status seorang sahabat baru di jejaring sosial yang saya ikuti, saya tertegun. Begitu pesimisnya dia sebagai perempuan.
“Saya hanya seorang perempuan. Apa yang bisa saya lakukan?
Perempuan adalah makhluk Tuhan dengan multi talenta. Dia bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Memasak, mencuci, mengasuh anak dan aktifitas rumah tangga lainnya dalam waktu yang hampir bersamaan.
Self esteem. Kebutuhan akan penghargaan terhadap dirinya, kebutuhan akan eksistensi. Laki-laki dan perempuan tak luput dari kebutuhan akan penghargaan. Lalu apa yang bisa perempuan lakukan agar kebutuhan “self esteem” itu dapat terpenuhi?
Yang pertama, kenali diri sendiri. Dengan mengenali apa yang kita sukai, potensi yang ada pada diri kita, kita akan tahu apa yang sebenarnya kita butuhkan dan dapat kita lakukan. Misalnya suka menulis, memasak, membuat kerajinan, merawat tanaman dan lain-lain. Dengan mengenali kesukaan kita dan memupuknya agar bisa berkembang, kita bisa mengenali potensi yang ada dalam diri kita.
Yang kedua, bergabung dengan komunitas yang sama dengan hobi atau potensi kita. Dengan bergabung dengan suatu komunitas kita dapat menimba banyak ilmu dan pengalaman serta berbagi. Di dalam komunitas kita akan saling menguatkan. Misalnya hobi menulis bergabunglah dengan komunitas menulis, suka memasak bergabung dengan komunitas memasak/kuliner, suka membuat kerajinan tangan bergabunglah dengan komunitas craft, suka bertanam bisa bergabung dengan komunitas pencinta tanaman. Dan masih banyak lagi komunitas yang sesuai dengan minat masing-masing.
Yang lebih istimewa, perempuan dapat melakukan itu semua dari rumah, tanpa meninggalkan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga. Bila ditekuni akan menambah perekonomian keluarga.
Jadi tidak ada alasan perempuan tidak bisa melakukan apa-apa, kan? Kenali dan gali apa yang disukai dan potensi dalam diri. Kembangkan!

No comments: